Monday, November 2, 2015

PANTAI WEDIOMBO : LAGUNA "KOLAM ALAMI" YANG TERSEMBUNYI





Salam Travellers..


Gunungkidul terkenal sebagai kabupaten di Jogjakarta yang memiliki banyak sekali pantai yang indah. Salah satunya adalah pantai WEDIOMBO. Pantai ini terletak di desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta.  Dalam bahasa jawa, nama pantai ini terdiri dari dua kata yaitu wedi = pasir dan ombo = luas, yang jika diartikan adalah pantai dengan pasir yang luas. Meski demikian, hamparan pasir di pantai Wediombo ini tidak begitu luas seperti yang ada di pantai Siung ataupun Parangtritis.

Pantai Wediombo memiliki karakteristik yang hampir sama dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Gunungkidul yang khas dengan pasir pantainya yang putih, air laut yang biru, dan hempasan ombak yang kuat. Namun, pantai ini memiliki keistimewaan tersendiri karena memiliki LAGUNA atau yang lebih dikenal sebagai "kolam alami" yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai lainnya di Gunungkidul.

Kali ini saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman saya dan teman-teman saya yang sangat beruntung pernah melihat langsung dan menikmati "kolam alami" yang ada di pantai Wediombo. Perjalanan waktu itu saya di temani oleh Rumi, Anggi, Nuari "Item", Yongky, Eka, Lana, dan Devi. Kami berangkat dari rumah Rumi yang berada di Jogja kota. Untuk sampai ke pantai Wediombo, memerlukan waktu sekitar 3 jam. Pada perjalanan kali ini kami memilih menggunakan motor, biar gampang menghidar kalo ada macet. wkwkwk Karena biasanya jalan menuju pantai-pantai di Gunungkidul pada akhir pekan sangatlah padat. Lokasi pantai ini masih sekitar 30 menit di timur dari pantai Siung, yang mungkin lebih dikenal oleh banyak orang di Gunungkidul.

Pada perjalanan saat itu kami juga melewati Goa pindul, Kalisuci, dll yang merupakan tempat wisata alam yang juga patut dikunjungi ketika berada di Gunungkidul. Setelah sekitar 3 jam perjalanan, akhirnya kami pun sampai di pantai Wediombo. Cukup lega rasanya, setelah melakukan perjalanan yang cukup jauh. Dan kamipun segera menikmati keindahan pantai wediombo. Namun belum puas menikmati indahnya pantai, bro Anggi dan bro Nuari "Item" pun mengajak kami untuk berjalan menyusuri kebun warga sekitar yang ada di tepian pantai. Setelah sekitar 30 menit jalan, akirnya kami sampai di tempat yang sangat indah, tempat yang menurut saya sangatlah keren, tempat yang belum pernah saya temui di tempat lain, yaitu Laguna "kolam alami" yang ada di pantai Wediombo.

Mungkin cukup ini saja yang bisa saya ceritakan. Selanjutnya biar foto aja yang menjadi racun bagi temen-temen. Yang pasti tempat ini sangat keren...

TIPS-TIPS :
  •  Pakai sandal/sepatu yang nyaman di kaki 
  •  Bawa makanan ringan dan minuman (jika lapar dan haus melanda) wkwkwk
  •  Bawa dry bag atau plastik untuk melindungi barang penting dari air
  •  Bawa kamera biar nggak dibilang hoax. wkwkwkwk

FASILITAS YANG TERSEDIA
  • Tempat parkir
  • Toilet umum
  • Warung makanan ringan dan minuman
Nb : Hanya ada di pantai wediombonya (tidak di laguna)

PENTING :
  • Bawa kembali sampah anda
  • Jangan melakukan Vandalisme 




bermain di kolam alami pantai wediombo




menikmati keindahan laguna wediombo bersama sahabat lebih asyik

santai kayak di pantai
sisi lain pantai wediombo
sisi lain pantai wediombo

bersama anggi, yongky, rumi, nuari "item", eka, lana, devi

Salam....


Gilar Purwa Gautama
Fb : Gilar Purwa Gautama
Twitter : @gilarpurwa
IG : gilarpurwagautama
Youtube : Gilar Purwa Gautama

No comments:

Post a Comment